Belajar Dan Mengenal jQuery

belajar jquery

SeniKoding.com - Sejak pertama munculnya pada tuhun 2006, jQuery telah banyak dipakai dalam website-website terkemuka didunia. Bahkan website-website terkenal seperti Facebook, Google, YouTube dan yang lainnya pun menggunakan jQuery dalam pemrogramaannya.

Saat ini kebanyakan website di Indonesia khususnya juga sudah banyak yang menggunakan jQuery. Jadi, jangan mengaku sebagai web programmer kalau belum mengenal dan Belajar jQuery hehee.

Belajar dan Mengenal jQuery


JQuery merupakan salah satu dari sekian banyak JavaScript Library yaitu kumpulan fungsi JavaScript yang siap pakai, sehingga mempermudah dan mempercepat kita dalam membuat kode JavaScript. Dengan menggunakan jQuery, script JavaScript yang panjang dapat disingkat menjadi beberapa baris kode saja, dan itu tidak membuat peforma atau kecepatan menurun karena semakin simpelnya kode, justru dengan simplenya kode dengan library jquery, peforma bisa semakin baik.

Dibandingkan dengan pesaingnya seperti Protoype, Mootools, YUI, dan library JavaScript lainnya, jQuery memiliki kelebihan tersendiri. Berikut beberapa alasan mengapa kita harus memilih jQuery dibandingkan yang lain :

  1. JQuery telah banyak dipakai oleh website-website terkemuka didunia.
  2. Kompatibel dengan semua browser yang sering digunakan, seperti Mozilla Firefox, Internet Explore, Safari, Google Chrome dan Opera.
  3. Kompatibel dengan semua versi CSS.
  4. Dokumentasi, tutorial dan contoh-contohnya lengkap.
  5. Didukung oleh komunitas yang besar dan aktif.
  6. Ketersediaan plugin yang sangat banyak jumlahnya.
  7. File nya hanya satu dan ukurannya kecil sehingga cepat aksesnya.
  8. Open Source (gratis) dengan lisensi dari GNU (General Public License) dan MIT License.

Dan apa keuntungan JQuery (sumber:wikipedia) :
  • Mendorong pemisahan antara JavaScript dan HTML: Pustaka jQuery menyediakan sintaks yang sederhana utnuk penambahan penanganan event pada DOM dengan hanya menggunakan JavaScipt, bukan justru menambah event atribut HTML untuk memanggil fungsi JavaScript. Inilah yang mendorong para pengembang untuk memisahkan kode JavaScript dari markup HTML
  • Keringkasan dan kejelasan: jQuery mempromosikan keringkasan dan kejelasan kode dengan fitur seperti chainable function dan shorthand function names.
  • Mengeliminasi ketidak kompatibilitasan antar peramban (browser): Engine JavaScript pada setiap peramban pastilah sedikit berbeda antara satu dengan yang lainnya, jadi kode JavaScript yang berjalan pada sebuah peramban, bisa jadi tidak berjalan pada peramban yang lainnya. Seperti toolkit JavaScript lainnya, jQuery menangani seluruh ketidak konsistenan antar peramban dan menyediakan antar-muka konsisten yang dapat bekerja pada berbagai peramban yang berbeda.
  • Ekstensibel: Event baru, elemen-elemen, dan method dapat dengan mudah ditambahkan dan kemudian dapat digunakan ulang sebagai sebuah plugin.

Belajar jQuery Untuk Pemula


JQuery dapat dipadukan dengan pemrogramman lain seperti, HTML dan CSS. Bisa dimanipulasi dan bisa diatur atau diedit dengan kemampuan JQuery. Manipulasi JQuery terhadap pemrogramman lain itu yang membuat jQuery menjadi powerfull dan banyak digunakan dikalangan web developer.

Sampai saat artikel ini, jQuery telah mencapai versi 3 ke atas, tepatnya versi 3.1.1, untuk mendapatkan file jQuery kita dapat men Download nya langsung dari website resmi jQuery di www.jQuery[dot]com. Silakan pilih versi jQuery yang diinginkan.

jQuery memiliki dua jenis script yaitu script untuk Development yang dikhususkan untuk para pengembang website dan script kompres yaitu file yang telah dikompres sehingga ukuran filenya lebih kecil, yang ini lebih dikhususkan untuk para pengguna. Script yang telah dikompres biasanya ditambahkan kata " .min" dibelakang nama filenya, misalnya jQuery-3.1.1.min.js.

Selanjutnya bisa belajar Cara Memanggil File jQuery .
Selamat belajar, semoga bermaanfat artikel Belajar dan Mengenal jQuery ini.

- Salam -

Berlangganan Artikel Kami Gratis, masukan Email dan Verifikasi:

0 Response to "Belajar Dan Mengenal jQuery"

Post a Comment

* Berkomentar sesuai tema ya gaes..

- Terima Kasih -