Pengenalan PHP


www.senikoding.com

Senikoding.com - Bagi seorang developer web, tentu PHP merupakan salah satu bahasa yang harus dikuasai. PHP Hypertaxt Preprocessor atau disingkat PHP ini adalah suatu bahasa scripting khusus digunakan untuk web developer. karena sifatnya yang Server Side Scripting, maka untuk menjalankan Program PHP harus menggunakan Web Server.

Mengenal PHP


PHP juga dapat diintergrasikan dengan HTML, JavaScript, JQuery, Ajax. Namun, pada umumnya PHP lebih banyak digunakan bersamaan dengan file bertipe HTML. Dengan menggunakan PHP kita bisa membuat Website Powerfull yang dinamis dengan disertai manajemen database nya.
Selain itu juga penggunaan PHP yang sebagian besar dapat jalan di banyak Platform, menjadi salah satu alasan kenapa kita harus menguasai PHP untuk menjadi Web Development yang hebat.

Jika kita ingin menjadi Web Master atau ingin menguasai Framework (salah satunya ialah Framework CodeIgniter) maka yang harus dikuasai terlebih dahulu adalah Bahasa PHP. Oleh karena itu wajib dipelajari tentang Dasar PHP, Cara kerja PHP, Membuat program PHP, dan Objek objek PHP.

Sejarah PHP


Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (F1), yang wujudnya berupa sekumpulan scrip yang digunakan untuk mengelola data formulir dari web.

Selanjutnya Rasmus Lerdorf merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/F1. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada November 1997, dirilis PHP/F1 2.0. Pada rilis 2.0 ini, Interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Didalam rilis ini juga ikut disertakan modul modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/F1 secara signifikan.

Kemudian pada tahun  1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang Interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis Interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis Interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai desebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari Interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model Pemrograman Berorientasi Objek ke dalam PHP, untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.
(Sumber buku penerbit Informatika).

www.sutekom.blogspot.com
Rasmus Lerdorf

PHP Hypertext Preprocessor


PHP sudah menjadi bahasa Scripting umum yang banyak digunakan dikalangan Developer Web. Mempunyai banyak kelebihan menjadi alasan utama kenapa PHP lebih dipilih sebagai basis umum dalam membuat sebuah web.
PHP sendiri dapat melakukan tugas tugas yang dilakukan dengan mekanisme CGI (Common Gateway Interface) seperti mengambil, mengumpulkan data dari database, meng generate halaman dinamis atau bahkan menerima dan mengirim cookie. Dan yang menjadi keuntungan dari PHP itu sendiri adalah PHP bisa digunakan dibergagai Operating System, diantaranya Linux, Unix, Windows, Mac, Risc OS, dan operating system lainnya.
CGI adalah suatu mekanisme yang berjalan di Web Server. bertugas untuk melayani komunikasi dua arah antara Web Server dan Web Browser.

Berikut ini beberapa kelebihan PHP yang wajib diketahui:

1. PHP Berbasis Server Side Scripting

Server Side Scripting pada PHP dapat bekerja jika ada tiga komponen berikut ini: PHP Parser (CGI atau Server Modul), Web Server (contohnya Apache), Web Browser. Untuk menjalankan Program PHP, ada aplikasi bernama XAMPP atau WAMP yang sudah dilengkapi dengan Web Server, Database, dan PHP. Kita hanya download Aplikasi tersebut, Instalasi dan sudah bisa menggunakan program PHP.

2. Digunakan Berbagai Macam Platform OS

Contoh Platform: Linux, Unix, Microsoft Windows, Mac OS, Risc OS, dan yang lainnya.

3. Mendukung Berbagai Macam Web Server

Contoh: Apache, Microsoft Internet Information Server (IIS), Netscape, Xitami, iPlanet Servers, dan yang lainnya.

4. Object Oriented Programming (OOP) atau Procedural

Program PHP dapat kita buat mengguanakan teknik program Procedural (terstruktur), Object Oriented Programming (OOP) ataupun menggabungkan teknik keduannya.
Object Oriented Programming (OOP) adalah program PHP berbasis Obyek yang didalamnya terdapat Class, Method dan Property.

5. Banyak Output file PHP, pada XHTML, HTML, XML

Dengan PHP kita tidak terbatasi oleh output HTML saja. PHP mampu untuk menghasilkan gambar sebagai output, file tipe PDF, bahkan Flash. Kita juga dapat menerima output teks dengan mudah seperti penggunaan output pada XHTML dan file XML lainnya.

6. Mendukung Banyak RDMS (Database)

Salah satu fitur yang paling signifikan dalam PHP adalah dukungan penggunaan untuk berbagai Database. berikut ini bermacam macam Database yang sudah bisa terhubung dengan PHP:
- Adabas D interbase PostgreSQL
- dBase FrontBase SQLite
- IBM
- MYSQL
- Informix Oracle
- Ingres Ovrimos

7. Pengolahan Teks Yang Sangat Baik

PHP memiliki fitur pengolahan teks yang sangat baik. Dapat memparsing XML dengan Perl Regular Expressions.

8. Memilik Kecepatan Akses Data Server Side Tercepat

9. Forum Developer PHP Yang Sudah Banyak di Seluruh Dunia

Farum ini bermanfaat untuk saling Share ilmu, pengetahuan tentang PHP dan Tanya jawab, yang membuat pemrograman PHP semakin banyak dan mudah.

10. Dan Masih Banyak lagi Kelebihan Daripada Program PHP

Sampai disini dulu pembahasan mengenai Pengenalan PHP, semoga membuat wawasan bagi pembaca semua.

Nantikan Artikel tentang Pemrograman PHP selanjutnya :).

- Salam -


Berlangganan Artikel Kami Gratis, masukan Email dan Verifikasi:

0 Response to "Pengenalan PHP"

Post a Comment

* Berkomentar sesuai tema ya gaes..

- Terima Kasih -