Cara Membuat Login Pada PHP Beserta Logout


cara membuat login dan logout pada php

SeniKoding.com - Meneruskan pada artikel sebelumnya yang sangat penting hehee pada pembahasaan Session. Kali ini kita akan membahas Cara Membuat Login pada PHP, dan jika pembahasaan ini masih dirasa kurang lengkap jika belum membuka kembali apa itu Session, alangkah baiknya buka artikel sebelumnya ya.

Halaman Login merupakan halaman yang terbentuk karena ada serangkaian script / kode pemrogramman yang sedemikian rupa sehingga membentuk halaman Login tersebut. Untuk proses dan cara membuat Login akan kita bahas dan pelajari disini. Disini kita akan bahas script backend nya atau script prosesnya ya, kalau untuk tampilan atau desain dari halaman Login Sobat bisa bereksperimen sendiri.

Cara Membuat Login Pada PHP


Belajar Login ini hanya sederhana saja atau dasar Login saja, jika Anda ingin mengembangkan dan itu harus, karena langkah membuat Login terbentuk berikut dengan cara yang akan kita bahas ini.
Halaman Login atau Authentifikasi akan memeriksa apakah data yang dimasukkan valid atau tidak oleh user. Perintah-perintah itu yang nanti akan kita buat.

Authentifikasi Login PHP sangat diperlukan untuk suatu keamanan program. Selain dari pada untuk keamanan Login pada PHP juga bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi, seperti: membuat banyak level user / multi level user dan single level user.
Multi level user artinya mempunyai banyak level / divisi / bagian, sehingga dibuat Login multi level user. Sedangkan Single level user ya penggunaan Login cukup pada satu level user atau satu divisi saja saja.

Biasanya membuat Login pada PHP dibarengi dengan adanya Database (DB) tetapi karena pembahasan ini sifatnya dasar dan sederhana maka saya akan memberikan contoh program Login nya saja tanpa database. Walaupun tidak dengan database, arah-arah dari parsingan script / action kode atau perintah-perintah kode sudah baik, hanya jasa tidak menggunakan database yang secara langsung bisa digunakan secara real seperti web-web pada umumnya. Tapi tenang mudah-mudahan setelah artikel ini Admin bisa mempublish cara membuat Login berikut dengan Database nya.

Membuat Script / Kode Login pada PHP


1. Pertama, membuat form Login HTML dengan nama file index.php.
<?php
echo "<form action ='validate.php' method='POST'>
<p>Username :<br/>
<input type='text' name='username'/></p>
<p>Password :<br/>
<input type='password' name='password'/></p>
<p><button type='submit'>Login</button></p>
</form>";
?>
Perhatikan script Login diatas bahwa aksi / action yang dilakukan form tersebut mengarah ke file validate.php dan metode yang digunakan menggunakan Method POST. Dua input mempunyai atribut name 'username dan password'.

2. Kedua, membuat file validate.php yang merupakan aksi / action dari form Login HTML diatas.
<?php
session_start();
$User= "senikoding";
$Pass="123456";
if(isset($_POST['username']) and isset($_POST['password'])) {
  if($_POST['username']==$User and $_POST['password']==$Pass) {
    $_SESSION['status_login']=1;
    $_SESSION['username']=$_POST['username'];
    $_SESSION['password']=$_POST['password'];
    echo "Login SUKSES..!!"; //header('location:beranda.php')
  }
  else {
    echo "Login SALAH..!!";
    die("Silakan login kembali <a href='index.php'>Disini</a>");
  }
}
else {
  echo "Data tidak lengkap..!!";
} 
?>
File validate.php berfungsi untuk melakukan validasi, apakah user valid dalam melakukan inputan dalam artian terdaftar didalam hak akses user. Saya hanya mengguanakan variabel untuk proses authentifikasi, agar lebih fokus terhadap pembahasan Session nya bukan pada Database. Setelah berhasil di authentifikasi, kemudian variabel Session diinisiasi, jika benar maka berikutnya akan masuk kedalam halaman beranda / teks Login sukses. Jika inisiasi salah maka akan masuk ke Login salah. Halaman beranda artinya Anda bisa membuat halaman baru yang dimana ketika Login sukses, user akan di redirect ke halaman beranda tersebut.
Isset ibarat peraturan yang dibuat / diset / ditetapkan didalam lingkupnya tersebut. Maka jika diluar dari Isset tersebut akan muncul "Data tidak lengkap".
- Hasil jika login benar:
Login SUKSES..!!
- Hasil jika login salah:
Login SALAH..!!Silakan login kembali Disini
- Hasil jika name (parameter) pada index.php belum terisi "<input type='text' name='username'/>":
Data tidak lengkap..!!

Cara Membuat Script / kode Logout Pada PHP


Jika dialam latihan diatas terdapat halaman beranda alangkah baiknya sekalian membuat perintah Logout. Tombol Logout digunakan jika user ingin keluar dari halaman beranda. Pengguanaan Logout pun sangat penting untuk meminimalisir terjadinya penyalah gunaan hak akses user, walaupun sebenarnya bisa dihandel dengan adanya Session Expiration.

Berikut ini Script untuk tombol Logout pada PHP:
<?php
session_start();
unset($_SESSION['status_login']);
unset($_SESSION['username'];
unset($_SESSION['password'];
session_destroy():
header('location:index.php'); 
?>
Perintah Unset tersebut adalah menghilangkan setting disetiap Session-session nya, dan juga menghapus seluruh Session dengan perintah session_destroy();.

Sampai disini Cara Membuat Login Pada PHP Beserta Logout, semoga paham, bermanfaat dan bisa diikuti.

- Salam -


Berlangganan Artikel Kami Gratis, masukan Email dan Verifikasi:

0 Response to "Cara Membuat Login Pada PHP Beserta Logout"

Post a Comment

* Berkomentar sesuai tema ya gaes..

- Terima Kasih -

END MODAL -->