--> 4 Text Editor Gratis Terbaik Untuk Programmer
Home Aplikasi

Text Editor Gratis Terbaik Untuk Programmer

SeniKoding.com - sebelum Admin mengulas tentang Text editor terbaik untuk koding, Admin senikoding mau bertanya, Text editor apa yang lagi digunakan untuk koding saat ini? Jawab dikolom komentar ya, ok kita lanjutkan.

Baiklah sebelumnya apa si Text editor untuk koding / programmer yaitu sebuah tool / software yang dibuat untuk kebutuhan programmer dalam menulis kode / code komputer untuk suatu program. Tool ini digunakan untuk mempermudahkan si programmer dalam meciptakan suatu karya program / software baru. Banyaknya dukungan dan komunitas dari sebuah Text editor yang di kembangkan membuat software tersebut sangat membantu didunia programmer / developer.

Pengembang web jika tanpa Text editor mereka akan pincang atau sulit didalam mengembangkan programnya. Akan semakin lama dalam pengerjaannya, dengan fitur-fitur yang lengkap dan makin canggih untuk saat ini para programmer semakin mudah didalam mengerjakan suatu projek, contohnya fitur Auto complete, Live preview, Peta dokumen, dan masih banyak lagi.

Text Editor Gratis Terbaik Untuk Programmer


Oke sekarang Admin akan mengulas tentang Text Editor gratis terbaik untuk Programmer dan banyak orang gunakan, diataranya:

1. NOTEPAD ++

Text Editor Gratis Terbaik Untuk Programmer

Text editor ini merupakan bawaan dari instaler Windows, jadi jika kita telah menginstal sistem operasi Windows pada komputer / pc kita sudah dipaketkan dengan adanya software ini (Notepad).

Notepad ++ sekarang sudah mencapai versi ke 7 (v7.5.6). Jika ada yang masih menggunakan versi lama atau bahkan masih menggunakan versi Notepad tanpa (++) bisa disarkan untuk segera  meng Upgrade nya. Text editor Gratis Terbaik Untuk Programmer ini sobat Senikoding bisa download softwarenya di alamat ini https://notepad-plus-plus.org.

Kelebihan menggunakan Text editor Notepad ++ adalah:

- Ringan
- Mendukung banyak bahasa program (HTML, CSS, C++, Java, Phyton, PHP, dll)
- Rekomendasi terutama untuk pengguna Windows
- Fitur yang lengkap
- User friendly / mudah digunakan

Fitur yang dimiliki Notepad ++ antara lain:

- Syntax Highlighting dan Syntax Folding
- Sintaks dan Disorot Sintaks yang Ditetapkan Pengguna: tangkapan layar 1, tangkapan layar 2, tangkapan layar 3, dan tangkapan layar 4
- PCRE (Perl Kompatibel Regular Expression) Cari / Ganti (Search/Replace)
- GUI sepenuhnya dapat disesuaikan: minimalis, tab dengan tombol tutup, tab multi-garis, tab vertikal, dan daftar dokumen vertikal
- Peta Dokumen
- Penyelesaian otomatis: Penyelesaian kata, penyelesaian Fungsi dan petunjuk parameter Fungsi
- Multi-Dokumen (antarmuka Tab)
- Multi-Tampilan
- WYSIWYG (Mencetak)
- Perbesar dan perkecil
- Didukung Multi-Bahasa
- Bookmark
- Perekaman dan pemutaran makro
- Membuka / meluncurkan dengan berbagai argumen

Ngoding dengan text editor Notepad++ tidak harus menggunakan speak pc yang besar juga bisa bekerja dengan baik, karena software ini ringan dan tidak memakan Ram yang banyak, speak standar dengan Ram 2Gb sudah bisa menggunakan text editor ini.

2. SUBLIME TEXT

Text Editor Gratis Terbaik Untuk Programmer

Text editor Sublime memberikan kemudahan dan keindahan yang lebih terhadap UX ( User experience) mengenai pengalaman pengguna karena desain yang elegan dan modern, serta funsi / fitur yang lengkap. Sampai saat ini text editor Sublime Text sudah mencapai versi 3.
Text editor Gratis Terbaik Untuk Programmer ini bisa di unduh di tautan berikut ini https://www.sublimetext.com.

Keuntungan menggunakan Text editor Sublime Text dan FITUR nya:

- Ringan
- Desain elegan dan nyaman
- Didukung banyak bahasa program (HTML, C++, Javascrip, PHP, Perl, Phyton, dll)
- Fitur lengkap
- Mudah digunakan
- Cross platform (Windows, Mac, Linux)
- Peforma yang sangat baik
- Penghubung Projek cepat
- Split editing

Text editor Sublime masih tergolong software editor yang ringan untuk kelas programmer, dengan mempunyai kapasitas Ram 2Gb sudah bisa menjalankan Text editor ini dengan baik, seperti Text editor No 1 diatas.

3. ATOM

Text Editor Gratis Terbaik Untuk Programmer

Atom merupakan software editor untuk programmer / developer software dan aplikasi yang diberikan secara free / gratis. Text editor ini bersifat Cross platform yang artinya bisa di instal didalam sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux.

Text editor Atom tergolong baru dengan masih menggunakan versi awalan angka 1, saat ini Atom terbaru sudah beranjak kepada versi 1.25.1 dan Text editor Gratis Terbaik Untuk Programmer ini bisa di unduh di situs resminya ini https://atom.io/.

Baca juga: Belajar HTML Dasar sampai Lanjutan

Text editor Atom dapat terintegrasi langsung dengan GitHub, yang dimana GitHub adalah platform website yang sudah sangat terkenal yang digunakan untuk menyimpan file / kode, berbagi kode dan juga untuk tempat mengerjakan suatu project secara kelompak / bersamaan.
Sehingga kebanyakan developer atau personal programmer banyak yang lebih suka dengan text editor satu ini, selain bisa langsung terintegrasi dengan GitHub juga memiliki banyak kelebihan lain, antaranya:

- Tema gelap dan terang serta warna lain yang semakin user friendly
- Mempunyai fitur Autocomplate yang cerdas dan fleksibel
- Membuat paket / plugin baru dari Atom atau bisa juga membuat sendiri dengan Atom
- Menjelajahi dan membuka satu file, semua projek atau beberapa file pada satu jendela Atom dengan mudah
- Membagi antar muka / tab Atom menjadi beberapa panel agar mudah didalam pengeditan file

Mungkin beberapa testimoni orang yang sudah menggunakan text editor Atom ini lebih banyak cocoknya dan memang sedikit berat jika menggunakan software ini pada perangkat komputer dengan Ram dibawah 2 Gb, mungkin karena tool nya yang lengkap dan flaksibel.

4. BRACKETS

Text Editor Gratis Terbaik Untuk Programmer

Brackets adalah software text editor modern yang dikembangkan secara open source / bebas yang diperuntukkan bagi programmer. Dengan adanya keunggulan yaitu dapat Live Preview dengan Brackets sehingga Text editor ini sangat direkomendasikan untuk Desainer Web atau Front-end developer pada khususnya. Selain keunggulan diatas editor ini tergolong ringan untuk kelas perangkat standar dan tentunya user friendly.

Kelebihan lain dari Text editor Brackets:

- Inline Editor / Editor sebaris

Alih-alih melompat di antara tab file, Brackets memungkinkan membuka jendela ke kode yang paling kita sukai. Ingin bekerja pada CSS yang berlaku untuk ID tertentu? letakkan kursor mouse pada ID itu, tekan Command / Ctrl + E dan Brackets akan menunjukkan semua pemilih CSS dengan ID itu di jendela inline sehingga dapat mengerjakan kode secara berdampingan tanpa popup.

- Live Preview / Prantinjau langsung

Dapatkan koneksi real-time ke browser Anda. Buat perubahan pada CSS dan HTML dan Anda akan langsung melihat perubahan tersebut di layar. Juga lihat di mana pemilih CSS Anda sedang diterapkan di browser hanya dengan meletakkan kursor Anda di atasnya.

- Preprocessor Support / Dukungan Preprocessor

Bekerja dengan preprocessor dengan cara yang benar-benar baru. Betapa pentingnya preprocessor untuk alur kerja, dengan tanda kurung, kita dapat menggunakan pengeditan cepat dan sorotan langsung dengan file LESS dan SCSS kita yang akan membuatnya bekerja lebih mudah dari sebelumnya.

Sobat bisa pilih sendiri Text editor kesukaannya, bisa juga dengan mencoba satu persatu untuk mengetahui langsung dari segi desain sampai peforma yang terdapat pada Text editor tersebut.

Semoga artikel tentang 4 Text Editor Gratis Terbaik Untuk Programmer berbanfaat.

- Salam -

Baca juga :


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Dilarang SPAM Komentar!

to Top