6 Tips Memilih Template (Tema) Website

Bagikan di ->

Facebook Google+ Twitter
Tips Memilih Template (Tema) Website

SeniKoding.com - Template atau Tema website sangat erat sekali kaitannya dengan membangun sebuah website. Tanpa Template situs tersebut akan terlihat berantakan dan jelek. Jika kita mau membedah lebih dalam tentang Template website sebenarnya didalamnya terdapat barisan kode / script yang panjang dan itu hanya bisa dibuat oleh orang-orang tertentu yang sudah mempunyai keahlian di bidangnya,  sehingga kode-kode tersebut dengan kesesuaian bahasa yang distandarkan oleh komputer dapat membentuk desain website yang diinginkan.

Jika Anda ingin mempelajari cara membuat Tempalte website sendiri sobat bisa membuka buka artikel sebelumnya tentang tutorial HTML, CSS dan JavaScript yang memang ketiga bahasa tersebut adalah pokok / pondasi dari membangun sebuah Website.

Tetapi untuk sebagian atau bahkan banyak orang masih awam dengan pembuatan Template website sendiri, karena memang pembuatannya yang memerlukan keahlian khusus yang sudah diutarakan pada paragraf diatas.

Meskipun saat ini Anda sudah ingin sekali membangun sebuah website dan Anda sendiri tidak bisa untuk membuat Template websitenya sendiri, jangan kawatir dengan permasalahan tersebut karena sekarang sudah banyak sekali Template website yang ada baik itu berbayar maupun gratis.

Beberapa platfor Template website gratis dan berbayar yang sudah ternama dan mendunia yang bisa Anda gunakan contohnya: WordPress, Jomla, Drupal, Prestashop Anda bisa pilih sesuai selera dan desain yang diinginkan untuk membangun sebuah website tanpa harus mahir ilmu pemrogramman website itu sendiri. Disini Anda bisa melihat Kumpulan Template WordPress.

Tetapi perlu diingat didalam memilih suatu Template / Tema website haruslah yang sesuai dengan kelengkapan website itu sendiri, dibawah ini akan dijelaskan poin-poin penting apa saja yang harus diketahui untuk memilih Template website yang baik agar sesuai dengan kebutuhan:

6 Tips Memilih Template (Tema) Website


1. Sumber Template / Tema Yang Dipercaya
Tips Memilih Template (Tema) Website
https://wordpress.org/themes
Jika Anda ingin memdapatkan Template website yang bagus diusahakan mencari berdasarkan ke populernya dari situs atau pembuat template tersebut. Untuk melihat kepopuleran dari sang developer bisa dilihat dari hasil / portofolio yang sudah dihasilkan, dari contoh itu Anda akan tahu dan bisa juga menilai sepopuler dan sebagus apa template yang sudah dibuat dan bisa juga dengan testimoni para pemakai dari template tersebut, jika testimoni dari pelanggan banyak yang merasa puas maka dipastikan template yang di develop sudah bagus dan bisa dipakai.

2. Desain Template Sesuai

Maksudnya adalah sebelum kita memilih Tema website yang akan kita pakai, kita harus tahu kebutuhan apa saja yang cocok diterapkan didalam website yang akan kita bangun. Misalkan website Corporation pasti akan beda dengan website Portal Berita dan lain sebagainya. Sehingga cara ini juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Sehingga pilihlah desain Tempalte website yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan website yang akan digunakan.

3. Fitur Template Lengkap

Memiliki banyak fitur yang lengkap didalam Template website akan sangat baik dan menunjang didalam perkembangan website itu sendiri. Fitur apa saja yang wajib ada didalam Template website:
  • Responsive
  • Template SEO Friendly
  • Fast Loading
  • Header Navigation
  • Tombol Shared
  • Related Post
  • Recent Post
Dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan dari Template website tersebut.

4. Support Dengan Teknologi Terbaru

Template website akan terbaca baik dan ramah dengan mesin pencari (Search Engine) jika didalamnya terdapat script / kode bahasa program yang terbaru atau terkini jadi tidak dianggap usang oleh alat mesin pencari sehingga mendapat nilai yang baik pada pencarian.

Contohnya untuk mendesain Template website diperlukan bahasa pemrogramman terkini yaitu HTML5, CSS3 dan Javascript. Dan diusahakan jika nanti terjadi perubahan versi pada bahasa pemrogramman, Template dari website tersebut juga ada sistem Update Template sehingga akan selalu Up to date. Pada poin ini juga dinilai sangat baik karena tidak tertinggal oleh bahasa teknologi. Kumpulan Template WordPress Terbaru.

5. Speed / Kecepatan Template Yang Tinggi
Tips Memilih Template (Tema) Website
PageSpeed Insights
Kecepatan suatu Template website sangatlah penting. Bagaimana tidak, bayangkan saja kita sebagai user / pengunjung dari suatu website, jika telah berkunjung pada situs A misalkan dan memiliki loading yang lama pasti akan merasa kesal dan bosan, pada akhirnya kita akan meninggalkan situs tersebut dengan segera dan mencari informasi pada situs lainnya. Akibatnya kita kehilangan visitor dan pengunjung. Seperti itulah dampak dari website yang lemot, sehingga kita harus memilih secepat mungkin kecepatan yang dimiliki dari desain Template tersebut.

Sekala yang ditetapkan untuk menilai bahwa website tersebut cepat kebanyakan di angka (100) jadi jika nilai dari situs mendekati angka tersebut akan semakin baik.

Banyak faktor yang mempengaruhi dari pada kecepatan website, tetapi salah satu yang menjadi penyebab dari kecepatan website adalah desain dari Template tersebut. Semakin baik dan benar didalam mendesain kode program template maka akan semakin baik pula kecepatan pada website.

Kita dapat melakukan pengetesan atau tes kecepatan Tempalte website pada situs dibawah ini:
  • PageSpeed Insights (milik google) url: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights
  • GtMetrix (url: www.gtmetrix.com)
  • Pingdom (url: https://tools.pingdom.com)

6. Tim Support Cepat

Tim Support / Bantuan salah satu yang dapat diperhitungkan didalam memilih Template website. Pastikan developer dan tim memiliki itu semua didalam pelayanannya.

Didalam merancang dan mengembangkan suatu website terkadang menemui kendalam dalam menginstal Template website atau widget eror dan juga kode tertentu yang tidak work, dengan adanya tim support yang cepat Anda akan diberikan solusi atas pertanyaan yang sudah diajukan, sehingga permasalahan ini tidak berlarut larut dan akan cepat diatasi.

Semoga pembahasan 6 Tips Memilih Template (Tema) Website ini bermanfaat.

Berlangganan Artikel Kami Gratis, masukan Email dan Verifikasi:

0 Response to "6 Tips Memilih Template (Tema) Website"

Post a Comment

* Berkomentar sesuai tema ya gaes..

- Terima Kasih -