--> 10 Kisah Sukses Pendiri StartUp Indonesia
Home Bisnis

perjalanan kisah startup berhasil


SeniKoding.Com - untuk menginspirasi Anda, kali ini admin akan membagikan beberapa kisah sukses pendiri startup Indonesia yang membanggakan. Tentu saja kesuksesan itu tidak didapatkan dengan mudah. Butuh perjuangan yang panjang, kerja keras dan semangat yang tinggi untuk bisa mewujudkan itu semua. Bahkan mayoritas dari mereka telah berhasil membangun startup di usia muda. Buat Anda calon-calon founder startup, berikut kisah sukses beberapa orang yang mendirikan startup di Indonesia.

Cerita Sukses Founder Startup Indonesia


1. Andry Suhailli

Andry Suhailli merupakan seseorang yang mendirikan perusahaan PriceArea. Perjalanannya untuk bisa membangun perusahaan tersebut begitu luar biasa. Sempat 2 kali gagal, berkat kerja kerasnya beliau akhirnya dapat melihat perjuangannya terbayarkan. Andry sendiri membangun PriceArea sejak tahun 2008 dan masih eksis hingga saat ini.

Pricearea.com adalah situs banding harga (price comparesion) dan belanja terbaik di Indonesia. Situs pembanding harga dari beragam situs market place terbaik.

2. Natali Ardianto

Siapa yang tidak tau situs tiket.com? Salah satu website yang menyediakan layanan booking dan pembayaran pesawat terbang dan hotel ini ternyata didirikan oleh seseorang yang bernama Natali Ardianto. Ternyata kisah Natali yang mendirikan tiket.com berawal ketika dia bersama teman-temannya mendirikan Urbanesia yang merupakan salah satu direktori online lifestyle pertama yang ada di ibukota Jakarta. Karena kesulitan berkembang lantas ia mendirikan Golfnesia hingga pada puncaknya ia mendirikan tiket.com dan berhasil meraih kesuksesan hingga saat ini.

3. Ahmad Zacky

Pria bernama Ahmad Zacky asal Sragen ini merupakan salah satu pendiri website markerplace terbesar di Indonesia yaitu Bukalapak. Sebagai manusia normal, Ahmad Zacky memiliki keinginan untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar. Saat ia berkuliah di ITB semangat entrepreneurnya begitu tinggi sehingga ia berkeinginan untuk membangun bisnis sendiri. Sampai pada akhirnya Zacky mendirikan Bukalapak.com dan memiliki banyak pelanggan hingga saat ini.

4. Adi Kusuma

Adi Kusuma merupakan pendiri startup Biznet Networks. Dahulunya ia merupakan seorang programmer di negeri Paman sam, sembari mengambil kursus tambahan dari Microsoft dan juga berkonsultasi dengan para pelaku ISP untuk mempelajari lebih lanjut mengenai industri yang berkaitan dengan hal tersebut secara mendalam. Berkat eksperimennya mengenai laboratorium ISP ia berhasil memanfaatkan ilmu tersebut dan ketika pulang ke Indonesia berhasil mendirikan Biznet Networks.

5. Andi Sjarif

SITTI merupakan situs jaringan iklan PPC yang intuitif dengan tampilan iklan yang relevan dengan isi situs. Perusahaan StartUp SITTI memiliki sistem yang mirip dengan periklanan Google Adsense yang notaben nya sudah mengeluarkan versi bahasa Indonesia pada tahun 2012.

Kisah perjalanan Andi meraih kesuksesan berawal dari tahun 1997 ketika ia menjadi entrepreneur di negeri paman sam, Amerika Serikat. Ia pernah bekerja di suatu perusahaan konsultan analitik CRM di bagian analisis database pelanggan. Perusahaan startup tersebut akhirnya gagal, namun tidak membuatnya menyerah. Justru dari sanalah ia mendapatkan inspirasi sehingga berhasil mendirikan startup SITTI yang sukses melayani hingga 22 juta tayangan iklan setiap harinya pada tahun pertama berdiri.

6. Jason Lamuda

Jason Lamuda merupakan pendiri startup Disdus. Jason pernah berkuliah di Amerika Serikat dimana ia begitu kagum dengan teknologi dan mampu mengubah kehidupan masyarakat. Terinspirasi dari sana membuatnya berkeinginan untuk mendirikan perusahaan teknologi sendiri. Setelah lulus S2 tahun 2007 di Columbia University, Jason mendapatkan 2 tawaran pekerjaan dari Wall Street dan juga McKinsey. Ia memilih pulang ke Indonesia karena menganggap menjadi enterpreneur di Indonesia merupakan sesuatu yang menguntungkan bagi dirinya.

7. Aulia Halimatusadiyah

Bernama lain Ollie, ia merupakan seseorang yang mencintai dunia teknologi yang memiliki keinginan untuk membuat website terbaik sejak bangku SMA. Saat kuliah ia mengambil jurusan TI di salah satu universitas dan bekerja sebagai seorang developer setelah lulus kuliah. Hobinya yang gemar membaca dan menulis membuat dirinya dan teman-temannya berhasil mendirikan website NulisBuku, media penerbitan buku berbasis self publishing pertama yang ada di Indonesia.

8. Danny Wirianto

Danny Wirianto dikenal sebagai pendiri startup di bidang minat sosial, yaitu Mindtalk. Semasa mudanya, ia menempuh kuliah di Amerika Serikat dan mengambil jurusan seni rupa. Memiliki keahlian di bidang Photoshop dan pembuatan website membuat dirinya direkrut untuk menjadi direktur seni di Adobe. Ia juga pernah mendirikan jaringan periklanan bernana SemutApi Colony pada tahun 2001 di Amerika Serikat. Saat usia dewasa, ia membangun startup baru yang cukup sukses di Asia, yakni MindTalk.

9. Nadiem Makarim

Beliau adalah pendiri StartUp bernama Go-jek asal dari Indonesia yang bergerak pada bidang jasa angkutan / transportasi berbasis Aplikasi. Jasa ini sangat diterima baik dimasyarakat dan membantu kesulitan dalam kemacetan yang ada dinegeri Indonesia akhirnya bisa sukses sampai saat ini.

10. William Tanuwijaya

wiliam tanuwijaya pendiri startup sukses tokopedia
Gambar dari google play
Merupakan pendiri dari StartUp Tokopedia yang juga merupakan marketplace terbaik di Indonesia. Dengan kesuksesannya yang mempunyai nilai transaksi jutaan bahkan lebih per bulan membuat Tokopedia menjadi startup terbaik. Tak lepas dari kesuksesan nya jalan berat pun sudah beliau lewati dari susahnya didalam mencari investor dan lain sebagainya.

Jadi, jangan jadikan kegagalan sebagai pematah semangat anda untuk meraih kesuksesan. Jika gagal bangkitlah dan jika jatuh bangunlah. Kita dilahirkan sebagai seorang pemenang sejati bukanlah seorang pecundang. Sedikit kisah sukses pendiri startup asal Indonesia tersebut semoga dapat menginspirasi bagi anda para calon entrepreneur.

Baca juga :


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Dilarang SPAM Komentar!

to Top