Home SEO / Website

Komponen Website Untuk On Page SEO

SeniKoding.com - On-page SEO merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi halaman website agar menempati posisi pertama di Google. Cara ini bisa dilakukan apabila artikel atau konten yang ada benar-benar berkualitas dan relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna Google. Oleh karena itu, konten harus memuat komponen berikut ini.

Komponen Website untuk On-Page SEO

1. Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas menjadi syarat utama bagi sebuah web mendapatkan ranking pertama. Suatu konten bisa dikatakan berkualitas jika memberikan manfaat maksimum, disimak dalam waktu lama, lebih menonjol daripada konten lain, menyelesaikan masalah pembaca dan membangkitkan perasaan.

Anda harus menghindari konten yang tidak original, tidak berbobot, membuat pembaca frustasi karena kualitas rendah dan tidak memiliki nilai tambah. Konten seperti ini jelas-jelas dihindari oleh Google.

2. Keyword yang Tepat Sasaran

Keyword menjadi bagian yang penting untuk menentukan posisi halaman website Anda. Apabila keyword yang digunakan relevan, maka peringkatnya pun juga akan meningkat. Bahkan, dikatakan optimasi halaman artinya mengoptimasi keyword dengan menyertakan minimal 1 keyword.

Anda bisa menyertakan kata kunci ke dalam halaman website, tepatnya keyword menjadi bagian dari URL, judul dan tentu di dalam konten Anda. Dengan begitu, Google dan pengunjung akan lebih mudah memahami isi dari halaman website Anda.

3. Judul yang Membuat Penasaran

Menyertakan keyword ke dalam judul artikel mungkin bisa menjadi cara untuk mengoptimasi halaman website. Tapi, hal itu saja belum cukup karena percuma jika judul mengandung keyword tapi tidak menarik untuk di-klik.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengoptimasi judul untuk membuat pengunjung merasa penasaran dan tergugah untuk meng-klik judul tersebut. Hal ini penting karena Google juga bisa mendeteksi perilaku pengunjung apabila tertarik dengan judul Anda.

4. URL Singkat dan Deskriptif

Masih sedikit orang yang memperhatikan pemilihan kata atau penulisan pada URL karena memang pengaruhnya tidak terlalu besar. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan keyword dan memperhatikan URL karena bisa meningkatkan ranking halaman website.

Tidak perlu panjang-panjang karena pengunjung akan sulit untuk mengingatnya. Buatlah URL yang singkat dengan kata yang mudah diingat dan mewakili isi dari artikel yang Anda buat pada halaman tersebut.

5. Meta Description yang Mengundang Klik

Meta description berisi 1 sampai 2 kalimat yang biasanya muncul di bawah link halaman website Anda di hasil pencarian. Meskipun tidak memengaruhi ranking, tapi meta description bisa menunjukkan isi dari artikel yang akan kita bahas.

Selain itu, apabila tulisan meta description kita menarik maka memungkinkan pengguna Google mengunjungi website. Semakin banyak pengguna yang klik judul dan mengunjungi website, maka peringkatnya juga akan lebih baik.

6. Media Gambar atau Video Berkualitas

Seberapa penting atau berkualitas tulisan yang Anda buat akan terlihat membosankan jika tidak disertai dengan gambar atau video yang bisa jadi nilai tambah. Anda bisa menyertakan gambar atau video sebagai pendukung dari penjelasan artikel tersebut.

Namun, pastikan jika gambar atau video yang Anda gunakan memiliki kualitas terbaik dan optimal. Selain itu, gunakan gambar atau video dengan tipe ekstensi yang tepat agar tidak memengaruhi kecepatan loading website.

Baca Juga : SSL untuk keamanan website

7. Outbound link sebagai Referensi ke Website Lain

Bagi Anda yang masih baru dalam memulai website, maka penting untuk memperhatikan outbound link ini. Website baru cukup sulit untuk menempati peringkat pertama Google karena kualitasnya belum terjamin, berbeda dengan website yang sudah lama.

Oleh karena itu, Anda bisa meninggalkan jejak komentar pada konten di website yang sudah populer atau menempati posisi pertama. Dengan begitu, banyak orang yang akan melihat link website Anda.

8. Internal link untuk Navigasi yang Lebih Mudah

Di sini, Anda akan mengenal istilah Bounce yang terjadi ketika seseorang masuk ke web Anda, lalu tanpa melakukan apa pun ia langsung keluar. Bounce rate yang tinggi dari website disebabkan karena navigasi yang sulit atau kualitas yang mengecewakan.

Cara untuk menghindari bounce ini adalah memasang internal link agar pengunjung lebih mudah mencari halaman lain pada website Anda.

9. Share Konten ke Social Media

Meski Google sudah tidak menganggap jumlah share sebagai penentu, tapi Anda masih bisa melakukan social sharing untuk meningkatkan peringkat website. Selain itu, cara ini bisa menambah pengunjung, branding, dan meningkatkan kepuasan pengunjung.

Apalagi hampir setiap orang memiliki akun media sosial sehingga Anda harus memanfaatkan hal ini untuk sharing konten atau artikel yang ada di website Anda. Dengan ini, website Anda akan semakin dikenal dan dikunjungi banyak orang.

10. Kecepatan Website

Kecepatan respon website untuk menanggapi perintah pengunjung sangatlah penting. Terdapat beberapa hal yang memengaruhi kecepatan website, seperti jumlah file .css dan .js pada <head>, kualitas hosting, hingga ukuran halaman.

Baca juga : Beli Hosting Murah Berkualitas

Itulah tadi informasi mengenai komponen halaman website yang optimal dalam On-Page SEO. Beberapa langkah di atas harus Anda penuhi dengan baik untuk mengoptimalkan website milik Anda. Semoga berhasil dan selamat berkarya!

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Dilarang SPAM Komentar!

to Top