Belajar PHP (dasar): Langkah Pertama Belajar PHP

Bagikan di ->

Facebook Google+ Twitter

tutorial belajar php

SeniKoding.com - Untuk memulai belajar PHP terlebih dahulu kita paling tidak sudah mengetahui apa itu PHP, sejarah PHP, kegunaan PHP dan keuntungan PHP, yang sudah dijelaskan didalam artikel Pengenalan PHP ini.

Langkah Pertama Belajar PHP


PHP adalah bahasa pemrogramman komputer berbasis Server Side Scripting yang artinya bisa dijalankan dengan adanya Web server dan Web browser. Dengan PHP Parser pun bisa seperti Command Line, tapi karena pembahasan ini berkaitan dengan web programming maka yang harus ada adalah web server dan web browser.

Sebelum memulai langkah belajar PHP, terlebih dahulu juga sudah mengerti dan paling tidak sudah belajar HTML, CSS dan JavaScript. Karena didalam belajar PHP nantinya tidak lepas dari ketiga bahasa program tersebut. Jika belum bisa dengan JavaScript "no problem" karena belajar PHP dapat bisa belajar JavaScript juga dengan cara Learning by doing "belajar dengan mempraktikan".

Terus langkah pertama yang baik untuk belajar PHP untuk pemula seperti apa?


Pertama, Karena PHP adalah pemrogramman berbasis server side maka didalam komputer kita harus sudah ter instal web server seperti: Apache, microsoft IIS dll. Mudah saja untuk mendapatkan web server dan kelengkapannya untuk bisa belajar PHP, karena sekarang ada aplikasi yang bernama XAMPP yang menyediakan paketan yang sudah di isi dengan web server seperti Apache, database Mysql, dan PHP sebagai bahasa programnya, untuk memudahkan user dalam membuat program server side seperti PHP atau Perl. Selain XAMPP juga ada WAMP, MAMP dan lainnya. Untuk saya sendiri menggunakan XAMPP, kalau kalian sudah terlanjut instal selain XAMPP pun  cara kerjanya tidak terlalu berbeda.
Untuk kalian yang belum mempunya aplikasi XAMPP dan masih kesusahan dengan panduan instalnya bisa disimak pada artikel berikutnya.

Langkah kedua, jika sudah mempunya XAMPP selanjutnya buka aplikasi XAMPP dan koneksikan atau start beberapa servis seperti Apache dan Mysql didalam control panel XAMPP. Jika dua item atau servis itu belum di aktifkan maka kita tidak bisa menghubungkan dengan program PHP kita nanti. Menandakan dua poin tersebut sudah aktif biasanya terdapat tulisan Running disamping item tersebut atau tulisan berubah warna menjadi hijau.
Baca juga: Belajar HTML lengkap

Dengan sudah adanya XAMPP maka setiap latihan yang kita buat didalam localhost/pc lokal akan sama dengan server di hosting sana jika kita ingin meng Online kannya.
XAMPP yang kita instal menghasilkan folder dan file baru didalam drive kita, misal XAMPP terinstal didalam drive D didalam komputer, maka akan membentuk:

- Folder D:\xampp\apache\...
- xampp\htdocs\...
- xampp\mysql\data\...
- xampp\php\...

Ini adalah contoh path dan file yang ada didalam folder XAMPP. Dan jika kita membuat latihan koding PHP, maka file itu harus di save didalam path xampp\htdocs\... Jika diakses dengan browser maka url yang dimasukkan adalah seperti ini:
http://localhost/nama-file.php

Selanjutnya langkah ketiga, buka alat kerja koding untuk menulis baris-baris kode dengan teks editor seperti: notepade/notepade++, sublime, dll. Buka notepade yang sudah terinstal di komputer kita sebagai langkah awal membuat program PHP.

Dan sebelum mebuat program PHP dengan tels editor, beberapa poin yang harus diketahui adalah:

- Cara menulis program PHP

Menulis program PHP atau file PHP diawali dengan tanda pembuka PHP yaitu "<?php" dan diakhir program ditutup dengan tanda "?>". Yang artinya bahwa tanda tersebut adalah kode script PHP. Karena kode PHP dapat disisipkan atau dicampur dengan kode HTML, sehingga perintah scriptnya tidak menjadikan eror.

Struktur script/syntax PHP:
<?php
"disini kode PHP"
?>

- Etika menulis yang baik didalam pemrogramman PHP

Didalam menulis script kode juga diperlukan etika agar tertata rapi dan kode mudah di edit maupun enak dilihat. Seperti penulisan kode yang sejajar kebawah untuk satu modul dengan yang lainnya, dan kode menjorok kedalam didalam modul tersebut, dan lainnya. Ada lagi memberikan komentar terhadap kode PHP yang dirasa perlu diberi tanda komentar. "komentar" didalam PHP layaknya seperti komentar pada program CSS, yang tidak di eksekusi karena hanya sebagai komentar atau memperjelas saja.

Penulisan komentar pada kode PHP:
Diawal diberi tanda dau (2) garis miring (// disini komentar kode PHP).

Beberapa poin diatas saya utarakan terlebih dahulu karena untuk memudahkan dalam proses belajar PHP nantinya. Tidak langsung membuat program begitu saja, sehingga mengabaikan dasar-dasar yang terpenting juga.
Baca juga: Belajar CSS dasar

Langkah keempat, yaitu membuat kode program PHP simpel seperti memunculkan tulisan "Hello World" pada web browser.
Buka teks editor kesayangan kita, tuliskan kode PHP ini:

<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title>Belajar PHP</title> 
 </head>
 <body>
  // kode PHP dibawah ini
  <?php
   echo"Hello World";
  ?>
 </body>
</html>

Save latihan diatas dengan nama "latihan.php". Buka file latihan PHP didalam folder XAMPP yaitu: xampp\htdocs\latihan.php, dengan browser, jika benar makan yang tampil di browser adalah bertuliskan "Hello World". Atau jika mau lebih mudah mengaksesnya bisa dengan ketikkan di address bar browser http://localhost/latihan.php. Dengan cara yang kedua sama dengan pemanggilan file latihan.php tersebut.

Sampai disini penjelasan belajar PHP untuk langkah pertama belajar PHP, semoga bermanfaat, dan nantikan aritkel belajar PHP lainnya di SeniKoding.com.

- Salam -

Berlangganan Artikel Kami Gratis, masukan Email dan Verifikasi:

0 Response to "Belajar PHP (dasar): Langkah Pertama Belajar PHP"

Post a Comment

* Berkomentar sesuai tema ya gaes..

- Terima Kasih -