--> Membuat Form Input Text Dengan PHP dan MYSQL
Home Belajar PHP / MYSQL

form input text php dan mysql

SeniKoding.com - Form HTML sering kali digunakan untuk membuat suatu inputan sebagai keperluan data. Sehingga Form sangat diperlukan didalam suatu organisasi, perusahaan, instasi dan lain sebagainya. Form sering kita jumpai didalam kehidupan sehari-hari, dari lembar form data suatu pekerjaan, atau form yang digunakan untuk mengisi absensi pada sekolah. Begitu juga pada form online yang dibuat dengan bantuan bahasa pemrogramman HTML + PHP pun sudah mudah digunakan untuk keperluan seperti contoh inputan diatas.

Untuk contoh form ini sengaja Admin buat secara mandiri / masing-masing type, dari type input text, select option, radio button, dan lain-lain. Sehingga dengan pembuatan Form input per type dimaksudkan agar lebih mudah dipahami setiap kebutuhan yang belum dimengerti, dan bisa diulas secara lebih mendetail.

Membuat Form Input Text HTML


Pertama yang harus sobat lakukan adalah membuat kerangka Form HTML berikut inputannya (input text). Contoh kasus ini adalah membuat form input User.

Kode form input text HTML:
<form method='POST' action=''>
<h2>Tambah User</h2>
<input type="text" name='nama' placeholder="Masukan Nama"/>
<input type="submit" name="submit" value="Submit"/>
</form>

Form input text HTML
Form input text

Dari form diatas diketahui metode pengiriman adalah by POST untuk action / aksi didalam halaman itu sendiri, input text memiliki name "nama" sebagai identitas.

Setelah membuat Form input text pada HTML kemudian kita membuat file action / aksi yang menuju proses file inputan tersebut. Pada contoh dibawah ini akan diberikan tanpa database MYSQL terlebih dahulu, cukup ditampilkan dengan PHP.

Membuat Form Input Text Dengan PHP


Form Input text yang dikolaborasikan dengan PHP bertujuan untuk membuat jalur dua arah, maksudnya ada campur tangan server untuk membuat suatu aksi. Dengan adanya PHP kita dapat membuat Form itu secara dinamis artinya dapat kita kelola dengan profesional dan otomatis.

Kode lanjutan aksi form input text PHP:
<?php
if (isset($_POST['submit'])) {
$nama = $_POST['nama'];
echo "$nama";
}
?>
Form input text dengan PHP
Input text dengan PHP

Dari kode PHP parsingan dari Form inputan HTML diketahui telah di "isset" bahwa setelah ada aksi submit dari inputan maka kode ini akan diproses / eksekusi. Ditambah telah di set variable "$nama" dengan value "$_POST['nama']" dari input text diatas.
Setelah saya menginputkan text "Seni Koding" maka akan langsung diproses dan ditampilkan / output dibawahnya dengan Form HTML dan PHP.

Membuat Form Input Text Dengan PHP dan MYSQL


Selesai dengan membuat input text HTML dan PHP sekarang kita bermain dengan database yaitu MYSQL. Untuk memulai latihan dengan mengaitkan kepada database hal yang harus dilakukan adalah membuat "nama database" itu sendiri didalam latihan sobat. Saya anggap setelah membaca artikel ini sobat semua sudah mengetahui bagaimana cara membuat database pada MYSQL ya. Mungkin post yang sudah dibuat didalam artikel lain ada materi tentang bagaimana mendapatkan aplikasi database MYSQL dan kelengkapannya dengan menginstal XAMPP samapai RUN.

Pertama tama membuat koneksi database MYSQL:
<?php
$dbUser = 'localhost';
$dbHost = 'root';
$dbPass = '';
$dbName = 'latihan_crud1';

$db = mysqli_connect($dbUser, $dbHost, $dbPass, $dbName);
?>
Selanjutnya menyambungkan koneksi database dengan file PHP yang lainnya.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head></head>
<body>
<form method='POST' action=''>
<h2>Tambah User</h2>
<input type="text" name='nama' placeholder="Masukan Nama"/>
<input type="submit" name="submit" value="Submit"/>
</form>
<br/>
<?php
if (isset($_POST['submit'])) {
$nama = $_POST['nama'];
$sql = $db->query("INSERT INTO t_user (Nama) VALUES ('$nama') ");
header('location:index.php');
}
?>
</body>
</html>
Saya disini menggunakan nama database yaitu "latihan_crud1" nama table "t_user". Jika sobat sudah membuat database dan sudah mengurutkan semua kode dari koneksi sampai akhir kode HTML tersebut saya rasa berhasil.

Inputkan nama yang diinginkan pada Form input text yang sudah dibuat, untuk menginputkan data kedalam database. Saya coba dengan menginputkan text "seni koding" dan sukses masuk kedalam database. Dibawah ini hasil yang sukses diinputkan.

Form input text dengan PHP dan MYSQL
Hasil input kedalam database

Dengan latihan ini sobat bisa mengembangkan lebih baik lagi tentunya.
Demikian pembahasan mengenai Membuat Form Input Text Dengan PHP dan MYSQL, semoga bermanfaat.

Ada pertanyaan tentang Belajar PHP ?

- Salam -

Baca juga :


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Dilarang SPAM Komentar!

to Top