Belajar PHP (dasar): Cara Instal XAMPP Sampai RUN

menjalankan XAMPP

SeniKoding.com - XAMPP adalah tool atau software yang digunakan untuk menjalankan program bertipe server side scripting berbasis web. Arti dari kata XAMPP sendiri adalah X=cross platform, A=Apache (web srever), M=MYSQL (database), P=PHP, P=PERL.


Mengenal XAMPP


Untuk menjalankan atau membuat program website berbasis server side, kita harus menginstalnya terlebih dahulu kedalam komputer/pc kita sendiri. Cara ini dibuat dimaksudkan untuk mempermudah dalam pembuatan website dan pengecekan langsung didalam localhost komputer. Karena, sebelum fix atau final program di upload ke hosting alangkah baiknya program tersebut kita tes kesalahan eror/bug terlebih dahulu, sehingga program benar-benar matang setelah di publikasikan.

XAMPP untuk saat ini masuk kepada versi terbaru yaitu v 7.1.4, begitu juga untuk versi bahasa PHP nya sendiri, kemungkinan aplikasi XAMPP selalu mengikuti upgrade versi PHP itu sendiri, yang dimana PHP adalah bahasa program yang di bawanya.

Sebelum kita menginstal XAMPP untuk keperluan koding pemrogramman PHP, pastikan dulu sudah mengerti kegunaan atau fungsi daripada XAMPP ya kawan. Yang belum tahu kegunaan XAMPP bisa di baca-baca dulu artikel sebelumnya yaitu pada "langkah pertama belajar PHP".
Baca juga: Mengenal PHP, Sejarah PHP, Keuntungan PHP

Cara Mendownload XAMPP


Pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi XAMPP yaitu pada situs resminya www.apachefriends.org/download.html. Kita bisa memilih XAMPP yang dipakai diatas OS apa? Windows/ Linux/ OS X (Mac) dan beberapa versi PHP dari v5 - v7. Pilih lah aplikasi XAMPP yang tepat pada komputer kita. Misalkan komputer kita mempunyai OS Windows dan versi PHP yang kita mau adalah versi terbaru yaitu versi 7, maka yang harus didownload adalah seperti tampilan gambar dibawah ini:

Download Aplikasi XAMPP

Versi PHP 7+ adalah versi PHP terbaru saat ini, dan hosting atau tempat jasa menaruh file itu pun sudah banyak yang mendukung PHP versi 7. Jika Anda masih takut dengan layanan jasa hosting yang belum mensuport PHP versi 7, tak perlu cemas karena PHP versi 5+ masih didukung oleh pengembang PHP itu sendiri.

Saran Admin, download lah versi yang terbaru, karena sudah stabil dan fungsi-fungsi yang ada didalam versi 7 lebih banyak dari versi sebelumnya, dan juga bug-bug yang ada pada versi sebelumnya lebih banyak sudah diperbaiki.

Langkah kedua setelah download XAMPP sudah berhasil, selanjutnya adalah proses menginstal sampai berhasil, ikuti langkah-langkah nya:

Cara Instal XAMPP


Cara instalasi XAMPP pada Windows:

- Cari file XAMPP yang sudah didownload tadi, file ber ekstensi (.exe). Jika file XAMPP masih dibungkus dengan ekstensi .Rar/Zip maka harus di ekstrak/buka terlebih dahulu.

- Klik 2x file XAMPP (contoh nama file: xampp-win32-7.0.9-1-VC14-installer.exe).

- Setup jendela awal instalasi akan muncul kemudian tekan Next.

- Jendela berikutnya akan diarahkan untuk memilih setup aplikasi pendukung "select components" yang akan di instal. Biarkan saja ceklist default/semua kemunian klik Next.

instal xampp

- Jendela berikutnya akan muncul tempat proses insalasi XAMPP akan diletakkan "instalation folder". Peletakan file instalation XAMPP bebas sesuai keinginan, bisa di drive C atau D, kalau saya sendiri lebih suka di drive D, karena sekaligus untuk jaga-jaga seandainya laptop saya terserang virus pada sisi sistem C, untuk folder XAMPP akan aman untuk di pindahkan.

- Tampilan selanjutnya adalah jendela "Bitnami For XAMPP" yang artinya XAMPP akan menawarkan proses instal platform lain seperti: Wordpress, Drupal dan Jomla secara mudah dengan Bitnami. Saya menyarankan untuk tahap belajar mengguanakan instalasi projek manual, seperti Wordpress dll. Sehingga hapus ceklist yang tampli dilayar, yang bertuliskan "Learn more about Bitnami for XAMPP", kemudian klik Next.

- Proses selanjutnya yaitu konfirmasi untuk tahap proses instalasi XAMPP, kemudian tekan Next.

- Tunggu beberapa saat proses instaling XAMPP sedang berlangsung.

- Sampai selesai proses intalasi dan muncul "Completing the XAMPP setup Wizard, maka proses instal XAMPP telah sukses. Sebelum klik Finish sebaiknya biarkan checklist "Do you want to start the control panel now?" karena kita akan langsung mencoba mempraktekannya. Kemudia klik Finish.

- Selesai, dan testing.
Baca juga: Panduan membuat Website

Menjalankan Aplikasi XAMPP


Jika pada saat selesai proses instalasi XAMPP diatas yaitu checklist "Do you want to start the control panel now?" tetap tercentang maka saat menekan Finish kemudian akan dibuka jendela Control Panel XAMPP.
Namun jika Anda sudah terlanjur menghilangkan centang diatas, yang harus dilakukan untuk membuka jendela Control panel XAMPP adalah dengan mencari letak Aplikasi XAMPP yang sudah terinstal dikomputer.

Buka aplikasi XAMPP dan lakukan testing/pengujian sampai run atau berjalan.
Lihat gambar dibawah ini:

instal xampp
Control Panel XAMPP

Jalankan XAMPP dengan mengaktifkan tombol Start pada bagian Apache dan Mysql. Jika sukses makan kolom pada module Apache dan Mysql berubah warna menjadi warna Hijau dan muncul baris program apache dan mysql yang dijalankan oleh aplikasi dibawah.
Jika gagal, coba ulangi lagi, kalau masih gagal coba beralih ke box service module, centang module yang eror atau gagal kemudian klik Icon Services yang ada dibilah Kanan control panel XAMPP.

Untuk melakukan latihan pembuatan website dengan PHP yang dinamis maka cukup dua (2) module itu yang wajib di jalankan yaitu Apache dan Mysql, yang lain abaikan saja.

Selanjutnya test keberhasilan XAMPP dengan membuka browser kemudian ketikan "localhost" pada address bar. Jika berhasil maka akan muncul jendela awal XAMPP, seperti gambar dibawah ini.

instal XAMPP
 
Kemudian pilih saja bahasa yang ingin digunakan, karena belum mendukung bahasa Indonesia Anda bisa pilih bahasa Inggris/English.

Sampai disini pembahasan mengenai Cara Instal XAMPP sampai RUN, semoga bermanfaat.

- Salam -

Berlangganan Artikel Kami Gratis, masukan Email dan Verifikasi:

0 Response to "Belajar PHP (dasar): Cara Instal XAMPP Sampai RUN"

Post a Comment

* Berkomentar sesuai tema ya gaes..

- Terima Kasih -