--> Pasang HTTPS: Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia
Home http / https / Pemrogramman Web / SSL

Penyedia SSL HTTPS

SeniKoding.com - Untuk membuat Website yang baik dan profesional diperlukan berbagai macam poin, dari template (tema), hosting, domain, memilih CMS yang digunakan, SSL untuk keamanan, dan lainnya. Dari beberapa kebutuhan diatas saya akan membahas lebih mendalam terhadap kebutuhan HTTP HTTPS untuk keamanan sebuah website.

Hal yang perlu diketahui untuk membuat suatu website aman atau terenkripsi data didalam lalulintas server tersebut diperlukan suatu Certificate/Legalitas/Keamanan yang dinamakan Secure Socket Layer (SSL) yang mana akan membuat lalulintas data aman, sehingga langkah ini sangat cocok untuk meminimalisir hal buruk yang dapat menimpa website yang dilakukan oleh segelintir orang.

Hal ini sangat penting sekali didalam mengembangkan sebuah website, terlebih website tersebut adalah website yang memuat banyak data baik private maupun umum. Tetap saja diperlukan keamanan untuk menjaga lalulintas data didalam request server dengan mengganti HTTP dengan HTTPS.

Dengan memasang SSL, identitas suatu website akan berubah yang semula terpasang HTTP secara default menjadi HTTPS yang dibedakan dengan akhiran huruf "S". Huruf S adalah memiliki arti Secure yang  artinya aman untuk website. Selain ditandai dengan adanya huruf "S" juga terdapat lambang gambar Gembok / Kunci yang aktif berwarna hijau pada address bar browser, menandakan SSL / enkripsi data sudah dipasang dan aktif. Dengan begitu seseorang yang akan mengunjungi website Anda tidak ragu-ragu lagi dan semakin percaya karena memang sudah terpasang SSL dan pastinya aman.

Bayangkan jika website yang Anda bangun adalah website penting dan mempunyai profit / pendapatan, baik berupa jasa maupun menjual produk. Hal ini sangat penting sekali untuk meningkatkan kepercayaan user terhadap website Anda, sehingga pengunjung semakin banyak dan pada akhirnya meningkatkan profit Anda. Website yang terpasang HTTPS akan dianggap terpercaya dan aman untuk bertransaksi dengan calon caustomer Anda.

Penyedia SSL Certificate HTTPS Terbaik di Indonesia


Pengertian Certificate SSL HTTPS ?

Adalah sebuah file data yang bekerja untuk mengenkripsi suatu data didalam transfer jaringan protokol suatu web. Certificate/ sertifikat itu sendiri adalah suatu lisensi atau registrasi aktif yang digunakan untuk proses instalasi HTTPS tersebut.

Ciri-ciri website yang sudah terpasang SSL adalah seperti yang dijelaskan diatas yaitu terdapat gembok berwarna hijau pada address bar dan protokol jaringan sudah berubah dari HTTP menjadi HTTPS.

Berbagai macam jenis SSL telah dibedakan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya secara spesifik, sehingga Anda perlu memilih SSL mana yang tepat untuk website Anda. Dibawah ini ada beberapa tipe dan jenis SSL yang bisa Anda ketahui sebelum membeli cetificate SSL HTTPS.

Ganti HTTP dengan HTTPS
Pilihan SSL HTTPS

Jenis SSL HTTPS ?

  1. SSL Single Domain, yaitu jenis SSL yang dapat digunakan untuk satu domain utama atau satu subdomain saja. Jika Anda membeli SSL HTTPS jenis ini Anda bisa menggunakan disalah satu domain yang disebutkan tadi, tidak bisa digunakan untuk keduanya. Contoh: https://www.namadomain.com atau https://www.blog.namadomain.com.
  2. SSL Multi-Domain Wildcard, yaitu SSL yang dapat dipasang dan melindungi pada main (utama) domain dan banyak subdomain sekaligus. Berbeda dengan Single SSL HTTPS, sehingga jenis ini bisa menjadi solusi untuk kendala yang terjadi pada website Anda jika terdapat banyak subdomain. Contoh: blog.namadomain.com, news.namadomain.com, karir.namadomain.com, dan lainnya.
  3. SSL Greenbar, yaitu jenis SSL yang bisa menyantumkan nama perusahaan pada address bar sebelum nama HTTPS berada. SSL jenis ini biasanya digunakan untuk menambah keyakinan pengunjung terhadap website itu sendiri. Bahwa website yang dikunjungi adalah jelas website yang mempunyai badan hukum dan memiliki legalitas usaha. Karena website yang bisa mendapatkan certificate SSL jenis ini adalah website yang mempunyai kriteria sebagai berikut:
    • Perusahaan harus terdaftar di https://yellowpages.co.id dan ahu.go.id
    • Memiliki SIUP
    • Verifikasi via telepon
    • Validasi domain
    Ganti HTTP dengan HTTPS
    Contoh SSL Greenbar HTTPS
  4. SSL Code Signing, yaitu digital certificate yang digunakan untuk pelindung dari aplikasi baik desktop maupun mobil. Setelah aplikasi dirilis Code Signing tersebut akan bekerja untuk menjaga dari seseorang yang ingin mengambil / merubah data dari aplikasi yng dibuat. Selain itu juga SSL HTTPS ini juga akan menghindari aplikasi dari eror karena aplikasi yang publish jelas identitas dari developernya.
  5. SSL Anti Malware Scaning, yaitu software/tools yang dibuat untuk mecegah virus atau Malware yang masuk kedalam sistem website Anda. Tools ini akan menscaning secara continue setiap hari untuk mencegah website dari serangan Malwere yang membahayakan sistem website dan juga user Anda.
  6. Email dan Document Signing Certificate, yaitu software yang digunakan untuk mengamankan dokumen dan juga email perusahaan dari serangan yang tidak diketahui, sehingga dengan SSL ini email dan dokumen penting serta sensitif tidak takut lagi untuk disimpan dan didistribusikan.

Penyedia SSL HTTPS Murah dan Terbaik di Indonesia?

Membeli certificate SSL harus dikeluarkan dari jasa penyedia yang terpercaya. Karena layanan jenis ini layaknya layanan produk berkualitas yang membutuhkan para ahli dibidangnya yang mengharuskan bisa mengurusi semua dari kualitas produk sampai dengan penangannanya. Jangan sampai Anda membeli certificate SSL HTTPS pada penyedia yang salah, sehingga harus tetap hati-hati. Ketahuilah ciri-ciri jasa penyedia layanan ini dengan baik, dari alamat perusahaan, nomor yang bisa dihubungi dan legalitas perusahaan yang semua tertera jelas.

Kemudian selain SSL mempunyai banyak jenis, juga banyak nama Brand produk dari certificate SSL HTTPS itu sendiri, seperti: Symantec SSL, Comodo, RapidSSL, Geo Trust SSL, dan lainnya, sehingga Anda harus pandai-pandai memilih jasa penyedia SSL terbaik dan juga mempunyai harga SSL Murah tentunya.

Rekomendasi Penyedia SSL Certificate HTPS Terbaik di Indonesia yaitu WarungSSL.

Ganti HTTP dengan HTTPS
Penyedia Certificate SSL HTTPS

Layanan WarungSSL mempunyai sertifikat SSL dengan tingkat premium sehingga lebih baik dari level biasa, dan juga bekerja sama dengan berbagai macam Brand certifiacate SSL terbaik didunia.

Keuntungan Anda membeli lewat penyedia WarungSLL antara lain:
  • Anda akan mendapatkan banyak potongan harga dibandingkan mengorder langsung dari pemilik Otoritas Sertifikat (CA). Lebih hemat bukan, selain itu juga Anda akan dipandu langsung oleh tim ahli dengan berbahasa lokal yaitu Indonesia untuk proses order dan instalasinya.
  • Suport yang diberikan WarungSSL 24 Jam non stop bisa melalui Online Chat maupun Telepon.
  • Dilihat dari segi kepercayaan, WarungSSL lebih siap karena memiliki tim yang lebih lengkap, dari Staff, Teknologi yang digunakan dan juga ketrampilan dari para tim ahli dibidang SSL yang sudah teruji.
  • Menawarkan banyak Brand yang sudah terpercaya didunia, sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk memilih produk mana yang ingin Anda gunakan. Anda bisa membandingkan harga yang lebih cocok dan pas untuk bisnis website Anda. Anda memilih tipe dan jenis SSL HTTPS yang cocok untuk website Anda, banyak sekali pilihan yang dapat ditawarkan.
  • Jaminan yang diberikan 30 hari uang kembali jika Anda merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Bukan hanya 15 hari atau bahkan kurang, jaminan yang diberikan oleh jasa penyedia SSL lainnya, WarungSSL sangat mempertimbangkan kepuasan pelanggan sehingga akan menjamin untuk ini.
  • Keamanan dan kenyamanan dalam proses pembayaran, penyedia SSL telah menjamin keamanan didalam proses transaksi order sampai dengan selesai. Dan juga berbagai macam alat pembayaran bisa Anda pilih, dari melalui Paypal, Bank Transfer dan juga Credit Card.
  • Penyedia Fokus terhadap satu layanan, yaitu sertifikat SSL, sehingga pelayanan dan tim ahli yang ada sangat kompeten dibidang ini dan tidak perlu diragukan lagi. Berbeda dengan penyedia SSL lainnya yang terkadang banyak menyediakan jasa lainnya seperti: hosting, register domain, layanan SEO, jasa periklanan, dan lain sebagainnya.
  • Gratis reissue SSL

Penting untuk meyakini bahwa penyedia sertifikat SSL HTTPS adalah dipercaya, legal dan sah, ditandai dengan:
  1. Nama bisang usaha: WarungSSL Indonesia - PT. Manggala Cipta Indonesia.
  2. Alamat: Epicentrum Walk South 5th Fl. 529A, Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan 12940 Indonesia.
  3. Phone : (021) 2943 1228, Fax: (021) 2943 1229

Dengan adanya data-data perusahaan yang lengkap maka semakin yakin bahwa layanan tersebut adalah terpercaya sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk membeli sertifikat SSL HTTPS di WarungSSL.

Berapa Harga SSL HTTPS ?

Ganti HTTP dengan HTTPS
Daftar harga SSL HTTPS

Untuk harga SSL HTTPS relatif terajangkau tergantung dari nama Brand penyedia certificate SSL itu sendiri, jadi antara SSL dari Brand Comodo dengan SSL dari RapidSSL harganya tentu berbeda.

Harga SSL berkisaran dari $24 - $1000 pertahunnya. Jika website Anda mengarah kepada kepentingan bisnis, pasti harga tersebut merupakan harga yang masih bisa dijangkau oleh Anda sehingga sangat penting sekali untuk menggunakan SSL HTTPS ini untuk kebutuhan website Anda.

Keuntungan Menggunakan SSL HTTPS ?

Banyak sekali yang dapat diperoleh dengan memasang SSL HTTPS, seperti:
  • Transfer data aman karena jaringan protokol di enkripsi
  • Memenuhi kebijakan yang direkomendasikan untuk layanan website pada masa saat ini, yaitu (Secure)
  • Dimata Rankin Google positif
  • Menambah baik dalam hal SEO website
  • Kepercayaan pengunjung website, cara ini untuk meningkatkan penjualan produk atau bisnis website.

Segeralah beralih dari HTTP ke HTTPS ditempat penyedia certificate terbaik di Indonesia, sehingga website Anda akan semakin maju dan profit Anda semakin tinggi.

Cara Instalasi SSL HTTPS ?

Hal teknis ini akan dijelaskan secara lengkap dan terdapat panduan instalasi serta tim suport yang handal dibidangnya untuk menjelaskan jika terdapat problem ketika proses pemasangan. Cara instalasi dari HTTP ke HTTPS bisa Anda kunjungi disitus resmi WarungSSL yang saya yakini merupakan penyedia SSL certificate terbaik di Indonesia.

Baca juga : Panduan Membuat Website (lengkap)

Pentingnya Mengganti dari HTTP ke HTTPS


Ganti HTTP dengan HTTPS
Protect Web dengan HTTPS

Jika Anda belum memasang SSL didalam website Anda kemungkinan user Anda akan berfikir sekian kali untuk mengunjungi dan membuat transaksi dengan website Anda. Bahkan website Anda akan benar-benar tidak mendapat kunjungan oleh calon user Anda ketika user mengetahui jika website tersebut hanya menggunakan default URL bawaan dari penyedia layanan yaitu HTTP saja. Karena untuk saat sekarang protokol HTTP sudah dianggap kurang aman untuk transaksi data didalam website. Rugi bukan!!!

Mulai sekarang pergunakanlah Certificate SSL HTTPS untuk meraih user dan calon caustomer Anda

Sebelum memasang SSL HTTPS didalam website, sebaiknya pelajari terlebih dahulu pengertian dan fungsi dari masing-masing istilah dibawah ini, sehingga Anda benar-benar paham dan mengerti secara mendalam dari maksud website yang aman atau secure.

1. Pengertian HTTP ?

Adalah Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang merupakan alat transfer data dengan jaringan protokol tertentu untuk suatu komunikasi antar user dengan server. Sehingga akan didapat informasi berupa HyperText yang dapat dibaca oleh user didalam halaman website.

Setelah ada HTTP kemudian dilanuutkan dengan www (World Wide Web) berfungsi untuk mengindentifikasi bahwa halaman tersebut adalah berupa informasi global yang berhubungan dengan jaringan internet seluruh Dunia. Kemudian setelah Url, www akan diteruskan dengan nama domain yang menjadi nama unik / identitas tersendiri dari suatu website atau disebut alamat website. Contoh: www.namadomain.com, "namadomain" adalah register domain unik yang hanya dimiliki oleh satu orang diseluruh dunia sehingga nama tersebut menjadi cirikas dari sebuah website Anda.

Kemudian setelah nama domain, diikuti dengan akhiran ekstensi seperti (.com, web.id, .net, .org, .co, .co.id, .id) dan masih banyak lagi. Akhiran nama tersebut dapat dimaksudkan untuk identitas dari suatu domain itu sendiri, bisa digunakan untuk identitas wilayah negara (id) yang artinya domain Indonesia, identitas organisasi (org) untuk organisasi, pemerintahan (go.id) untuk pemerintah Indonesia, sekolah (src) untuk sekolahan, universitas (ac.id) untuk domain universitas atau akademi, dan domain global (com) untuk umum didunia, serta banyak lagi.

Sehingga pilihlah nama domain dan ekstensi yang tepat untuk website Anda, karena nama domain tersebut sangat menentukan sekali jika website Anda berada dibidang perusahaan(co.id) contohnya.

Selain nama domain yang harus Anda miliki ketika Anda membuat sebuah website, Anda juga diwajibkan untuk mempunyai Certificate SSL HTTPS karena Google yang merupakan perusahaan search engine terbesar saat ini telah merekomendasikan website yang sudah mempunyai certificate SSL dengan HTTP yang secure/aman.

Alat selancar Web Browser pun demikian, akan menganggap bahwa HTTP merupakan jaringan protokol yang kurang aman dan merekomendasikannya dengan memasang SSL HTTPS.

Dibawah ini akan dijelaskan apa itu HTTPS dan tempat penyedia SSL Certificate terbaik yang ada di Indonesia, jadi Anda harus fikirkan tentang certificate SSL ini dari sekarang karena sangat direkomendasikan untuk kebutuhan website Anda.

2. Pengertian HTTPS ?

Adalah Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) yang memiliki fungi sama dengan HTTP diatas namun HTTPS mempunyai perbedaan yang terdapat pada tingkat keamanan (secure) didalam transfer data / request user dengan server. Sehingga pengolahan dan request transfer data akan di Enkripsi didalam jaringan protokol tersebut.

Dengan memasang SSL HTTPS ini website Anda akan semakin aman dan diyakini oleh Robot Google (GoogleBot) terhadap suatu serangan didalam request data dan juga pemasangan HTTPS ini akan mempengaruhi ranking Google, sehingga perlu dipertimbangkan sekali untuk pemasangannya.

Rangking Google akan membedakan antara website yang masih menggunakan HTTP dan yang sudah menggunakan HTTPS dengan memasang certificate SSL.

Anda bisa asumsikan seperti ini, jika website Anda semakin baik dimata Google berarti kemungkinan besar tumbuh dan berkembang semakin tinggi. Dengan begitu income profit / pendapatan yang Anda dapatkan dari website akan meningkat dan maksimal. Dan situasi tersebut yang diidam-idamkan para pebisnis website.

Anda tidak perlu ragu untuk mencari Penyedia Certificate SSL Terbaik yang ada di Indonesia karena sudah ada penyedia yang terpercaya dan sudah terbukti keunggulannya yaitu WarungSSL.

WarungSSL adalah tempat penyedia jasa Certificate / sertifikat terbaik di Indonesia khusus nya untuk Secure Socket Layer (SSL) yang digunakan untuk lisensi atau mendaftarkan website Anda dengan jaringan protokol yang aman untuk transaksi data. Dengan mendaftarkan Certificate SSL di WarungSSL Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan selain SSL itu sendiri, dari harga yang terjangkau, suport yang fast dan mudah dipahami kemudian sudah terbukti terbaik di Indonesia, sehingga tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan SSL HTTPS disana.

Sekarang Anda perlu tahu perbedaan dari HTTP default dengan yang Secure (HTTPS)

3. Perbedaan HTTP HTTPS ?

Perbedaan HTTP HTTPS Secara fungsi keduanya memiliki persamaan yang mendasar yaitu digunakan untuk jaringan protokol yang digunakan untuk request data dan transfer data dari user ke server sehingga menghasilkan data kongkrit berupa informasi yang dapat di ketahui oleh user didalam halaman website.

Kemudian perbedaannya terletak pada "S" yaitu Secure/aman, bahwa halaman yang terdaftar SSL dengan HTTPS sehingga aman untuk lalulintas data antar user dan server dengan ditandai dengan Gembok/kunci berwarna hijau pada address bar browser Anda.

Ganti HTTP dengan HTTPS
Ciri ganti HTTP ke HTTPS

Setelah mengetahui betapa pentingnya menggunakan Certificate SSL berupa HTTPS didalam website maka tugas Anda adalah mencari jasa penyedia SSL terbaik yang ada, dan saya rekomendasikan untuk WarungSSL yang bisa Anda kunjungi pada situs resminya diatas.

Kesimpulan: Segera beralih ke HTTPS sebelum website Anda mengalami dampak yang menurun dari segi pengunjung maupun profit karena default HTTP yang diberikan sudah dianggap kurang aman untuk proses request dan transfer data, terlebih website yang Anda kelola adalah website yang bersifat private dan fital, seperti contohnya website toko online (E-Commerce), website Corporation, website Perbankan, dan lainnya.

Ada Pertanyaan terkait Ganti HTTP ke HTTPS ?

Baca juga :


12 komentar

  1. Wah baru tau saya gan https ternyata sepenting ini

    BalasHapus
  2. Segeralah beralih ke HTTPS kalau belum gan.

    BalasHapus
  3. bener nih, https memang harus di terapkan dari sekarang, jika tidak, situs kita akan di beri label Tidak Aman oleh google. dan pastinya akan berdampak ke trafik.

    BalasHapus
  4. emang SSL bagus banget mas edi, buat kepentingan antara penjual dan pembeli dalam satu forum website.... hehehehe sukses mas, alhamdulillah aku sudah nerapin SSL di #jejakbiru

    BalasHapus
  5. Syukurlah.. Blog saya sudah menggunakan SSL..sehingga memiliki kesan yg aman dan nyaman ketika diakses oleh pengunjung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau udh pasang SSL Https nya mas

      Hapus
  6. google sendiri menyarankan untuk menggunakan ssl, karena lebih aman, terlebih lagi website seperti online shop sangat disarankan untuk menggunakan ssl.

    btw, saya menggunakan ssl dari blogger, lumayan gratis hehehe

    BalasHapus
  7. Https Yang Gratis dari Google juga udh bagus gan

    BalasHapus
  8. Mas mau nanya kalau udah ada SSL terus sebelah gambar gembok ada teksnya itu cara bikinnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang dimaksud SSL Greenbar ya, cek tutorial diatas mas.

      Hapus

Dilarang SPAM Komentar!

to Top