Cara Membuat Website Dinamis Dengan PHP

cara membuat website dinamis

SeniKoding.com - Cara membuat website dinamis untuk PEMULA dengan PHP dan Database MYSQL. Website dinamis adalah website atau situs yang dibuat dengan adanya bahasa Server Side Scripting seperti PHP, PYTHON, ASP.NET dan lainnya. Dengan adanya Server Side Scripting membuat website dapat ber interaksi dengan Server dan database, sehingga website menjadi dinamis.

Didalam pembelajaran website dinamis ini akan dibahas materi yang masih berhubungan dengan artikel sebelumnya yaitu Cara membuat website statis. Untuk website statis, hanya diperlukan Bahasa berikut ini:

membuat website sendiri
Website Statis

1. HTML
2. CSS
3. JAVASCRIPT
4. PLUS IMPLEMENTASI WEBSITE STATIS

Cara Membuat Website Dinamis Dengan PHP dan MYSQL


Sedangkan untuk membuat website dinamis, setelah mempelajari Bahasa program diatas bisa dilanjut untuk mempelajari:

5. PHP
6. Database MYSQL

Silakan pelajari beberapa bahasa pemrograman tersebut untuk dapat membuat website dinamis sendiri.
Dengan website dinamis kita bisa membuat CMS seperti Cms Blogger, Wordpress, Moodle dan yang lainnya. Tentu CMS yang sudah terkenal diperlukan script yang baik dan kompleks. Untuk yang masih pemula sangat dianjurkan untuk belajar pemrogramman diatas terlebih dahulu. Selanjutnya jika sudah memahami alur programnya kita bisa membuat program yang disukai sesuai selera masing-masing. Bahkan CMS seperti Blogger bisa kita buat sendiri.

Materi yang diberikan selanjutnya setelah mempelajari materi diatas yaitu:

7. CRUD

website CRUD
Website Dinamis

Apa itu CRUD, CRUD adalah kepanjangan dari Creat (membuat), Read (menampilkan/membaca), Update (edit) dan Delete (hapus). Dari arti bahasa diatas sudah dapat disimpilkan bahwa dalam materi tersebut akan dibahas membuat website dari 1. Membuat data inputan 2. Menampilkannya 3. Mengedit data 4. Menghapus data .
Tentunya semua latihan program tersebut dengan adanya bantuan bahasa PHP yang notabandnya adalah server side dan sebagai tempat menyimpan datanya yaitu database MYSQL.

Baca juga :
- Membuat single level login.
- Membuat multi level login.

Mulai ada titik terang ya tentang website dinamis itu. Kalau kita sudah bisa membuat website dengan adanya CRUD maka web tersebut sudah berbentuk dinamis.
Kelebihan dari website dinamis adalah mudah dalam mengelola konten didalam website. Seandainya website yang dibuat berkonten komplek dan banyak, maka web dinamis akan menyelesaikan permasalahan itu semua. Perintah-perintah query dalam program akan akan membentuk kedinamisan dalam website.
Lihat saja komentar didalam jejaring sosial seperti Facebook, dikomentar facebook kita bisa menulis atau menginput/membuat, diproses dan dimasukan ke database facebook dan akan ditampilkan setelahnya, kemudian komentar yang sudah kita buat juga bisa untuk di edit, dinamis bukan.Terlihat mudah, profesional dan canggih.

Terus bagaimana kita bisa mempelajari, CRUD min? tenang hehee, materi tentang CRUD akan admin berikan. Berhubung materi CRUD sudah pernah dibawakan didalam artikel yang berjudul Tutorial CRUD Dengan PHP + MYSQL Dan Bootstrap maka silakan saja dipelajari diartikel terkait. Artikel tersebut sudah disertakan script lengkap untuk proses belajar.

Sampai juga diujung pembahasan, sudah membahas cara membuat website statis, cara membuat website dinamis. Kembangkan terus kemampuan Anda jika ingin menjadi web master atau developer website.

- Salam -

Berlangganan Artikel Kami Gratis, masukan Email dan Verifikasi:

0 Response to "Cara Membuat Website Dinamis Dengan PHP"

Post a Comment

* Berkomentar sesuai tema ya gaes..

- Terima Kasih -